Mengenal Lebih Dalam Tentang Forklift dan Jenisnya

SIO-Forklift-training-public-batch22-2017-januari-4life-2

PARKIRAN FORKLIFT

Forklift adalah mobil berjalan atau kendaraan yang memiliki 2 (dua) garpu yang dapat digunakan untuk mengangkat pallet. Garpu forklift pada umumnya kompatibel dengan pallet yang beredar di pasaran. Biasanya barang diletakkan diatas pallet,  kemudian barang dipindahkan atau diangkat. Ada beberapa sumber energi yang dapat membuat forklift beroperasi, diantaranya bahan bakar solar, bahan bakar gasoline, gas dan baterai. Biasanya forklift digunakan di pabrik, garment ataupun pergudangan.

Forklift dengan bahan bakar solar dan gasoline biasanya digunakan di luar ruangan. Sedangkan forklift yang menggunakan gas dan baterai banyak digunakan di dalam ruangan. Hal tersebut dikarenakan forklift yang menggunakan gas dan baterai tidak menghasilkan asap polusi. Hal ini sangat penting untuk beberapa perusahaan seperti : industri garmen, makanan, minuman, dan perusahaan lainnya yang mengharuskan kondisi bebas asap / polusi.

Berdasarkan cara pengoperasiannya, forklift dibedakan menjadi 2 (dua) jenis yaitu manual transmission dan automatic transmission. Sebelum menggunakan forklift sebaiknya Anda menggunakan pengaman seperti : helm, sepatu, masker, dan kaca mata agar dapat memenuhi standarisasi mengemudikan forklift yang aman, baik dan benar. Berikut ini adalah jenis forklift berdasarkan transmisi yang digunakan beserta keterangannya.

 

1.Automatic Transmission Forklift

Pada umumnya automatic forklift lebih mudah dioperasikan dari pada forklift manual. Yang membedakan adalah tuas handle nya. Tuas handle untuk automatic forklift ada 4 (empat) bagian, yaitu naik-turun, maju-mundur, cungkil, geser kiri-kanan.Untuk pengoperasiannya sangatlah mudah, pedal bawah berfungsi sebagai rem dan kopling (apabila diinjak berfungsi sebagai kopling, apabila dilepas berfungis sebagai rem). Agar forklift bergerak jalan, cukup menggerakkan handle jalan ke arah maju atau mundur, forklift jenis ini tidak menggunakan persneling (gigi).

 

2. Manual Transmission Forklift

Forklift jenis ini memiliki pedal yang sama seperti mobil pada umumnya, diantaranya ada pedal gas, kopling dan rem. Pengoperasian forklift ini lebih sulit dibanding automatic forklift. forklift manual tidak terdapat tuas handle maju-mundur seperti automatic forklift. Berbeda dengan mobil pada umumnya, jika kemudi dibelokkan maka roda yang berbelok adalah roda bagian belakang. Forklift jenis ini terdapat persneling (gigi) dan tuas handle naik-turun serta cungkil.

Perlu diketahui bahwa forklift memiliki beberapa bagian penting. Berikut bagian-bagian penting forklift pada umunya kita pergunakan.

  1. Harus memiliki 1 (satu) pasang garpu yang panjangnya kurang lebih 3 (tiga) meter, yang berfungsi untuk mengangkat / menurunkan atau memindahkan pallet berisi barang,
  2. Forklift harus memiliki Mast, yaitu 2 (dua) besi yang tebal yang berhubungan dengan sistem hidrolik dan berfungsi untuk tilting dan lifting,
  3. Forklift harus memiliki Overhead Guard yang berguna untuk melindungi sopir forklift dari kecelakaan saat mengangkat atau menurunkan barang. Overhead Guard juga melindungi sopir dari benda yang jatuh, melindungi dari panas sinar matahari dan juga dari hujan.
  4. Forklift harus memiliki counterweight yang berfungsi sebagai penyeimbang beban.

Baca Juga :

Mesin Forklift Tidak Bisa Dihidupkan Saat Pagi Hari

Perbedaan Forklift Elektrik, Forklift Diesel, Forklift Bensin dan Forklift Gas

Forklift Diesel dan Fungsinya

Kesehatan Kerja

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *