Memilih Forklift yang Sesuai dengan Kebutuhan Bisnis Anda

jasa perpanjangan sio forklift

Membuat pilihan yang tepat terutama dalam alat berat seperti Forklift sangatlah penting, karena hal ini berdampak terhadap biaya operasional, produktifitas, dan manajemen stok barang. Selain itu, untuk Forklift sendiri juga ada banyak pilihannya, yang didesain berdasarkan kebutuhan pekerjaannya yang spesifik.

Jadi bagaimana caranya memilih Forklift yang tepat untuk usaha Anda?. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk memilih Forklift, yaitu :

1. Pertimbangkan Lingkungan Usaha Anda

Salah satu yang menjadi pertimbangan adalah lingkungan usaha Anda, karena hal tersebut akan mempengaruhi tipe Forklift yang tepat, seperti jenis bannya dan juga jenis mesinnya. Pertimbangkan kondisi lantai dan juga ruangan tempat Forklift akan dipergunakan :

  • Lantai yang halus atau kasar?
  • Dalam ruangan, luar ruangan atau dipakai diluar maupun dalam ruangan?
  • Berapa jam sehari Forklift tersebut akan digunakan?

2. Ukuran Barang dan Kapasitas

Akan menjadi pilihan buruk jika Anda memilih Forklift yang memiliki kapasitas maksimum dibawah berat atau ukuran barang-barang yang akan diangkat. jadi penting untuk memperhatikan hal-hal berikut :

  • Barang apa yang akan diangkat oleh Forklift tersebut?
  • Berapa rata-rata berat beban yang akan diangkat?
  • Berapa maksimum berat beban yang akan diangkat?
  • Berapa ukuran maksimal besarnya barang?

Dengan mengetahui dari awal semua itu, maka akan lebih efektif dalam memilih Forklift yang tepat.

 

3. Tinggi Maksimum

Tinggi maksimum perlu ditentukan dari awal, hal ini berkaitan dengan tinggi gudang dan juga penempatan barang. Hal ini akan berpengaruh karena dapat mengurangi resiko Forklift jatuh karena ketidak seimbangan antara tinggi penempatan barang dan berat beban yang dibawa.

 

4. Jenis Bahan Bakar

Ada beberapa tipe Forklift berdasarkan bahan bakarnya, namun yang sering dipakai adalah elektrik dan diesel. Kelebihan Forklift Elektrik adalah lebih awet, bebas polusi udara dan suara, sehingga cocok untuk bekerja didalam ruangan yang tertutup sekalipun.

Sedangkan kelebihan Forklift diesel, memiliki kekuatan yang lebih besar dan cepat, dan lebih cocok untuk di luar ruangan.

 

5. Memilih Forklift Berdasarkan Ban Forklift

Ada berbagai tipe ban forklift. yang paling umum adalah jenis Solid, namun ada ada tipe lainnya yang sesuai dengan kebutuhan dan juga lingkungan penggunaan Forklift.

 

6. Forklift Baru atau Forklift Bekas?

Apakah Anda ingin membeli Forklift baru atau Forklift bekas?. Hal ini dapat disesuaikan dengan budget perusahaan. Bahkan Anda dapat memilih untuk sewa Forklift saja, hal ini memudahkan untuk memilih Forklift yang dibutuhkan, Anda juga tidak dibebani dalam masalah perawatan dan banyak hal lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *