Tips Perawatan Forklift

Forklift adalah salah satu alat atau kendaraan yang sangat membantu dalam memindahkan serta menata barang dengan baik, alat ini umum digunakan dalam bidang Logistik barang di sebuah Industri atau Pergudangan.

Untuk mengetahui jenis Alat Angkat (Lifting Equipment) yang lain dapat Anda lihat disini. Seperti halnya dengan peralatan Mesin lain, bagian Mekanik dari Forklift juga cenderung Aus pda saat penggunaan terus menerus. Untuk dapat memberikan efisiensi terhadap Forklift yang dapat digunakan dalam jangka panjang, maka diperlukan perawatan yang tepat agar dapat digunakan dengan baik dan nyaman serta meminimalkan kemungkinan kecelakaan kerja yang mungkin terjadi akibat kurangnya perawatan terhadap Forklift ini.

 

Berikut ini beberapa Tips perawatan Forklift yang dapat dilakukan :

1.   Olesi dengan Minyak pada bagain yang bergerak secara aktif

Forklift memiliki bagian yang bergerak secara aktif seperti Pedal untuk penyanggah Garpu bagian depan. Usahakan bagian sendi yang bergerak ini tidak dalam keadaan kering, karena gesekan yang terjadi selama penggunaan Forklift akan berdampak buruk pada kinerja Forklift jika bagian sendi tersebut dalam keadaan kering.

 

2.   Periksa bahan bakar dan cairan lain secara teratur

Selain bahan bakar, ada cairan atau minyak lain yang membantu Mesin yang ada pada Forklift. Pastikan cairan ini diperiksa secara teratur dan tidak kehabisan selama pemakaian. Cairan ini adalah cairan Transmisi, Hidrolik, Pendingn, dan Oli.

 

3.  Pastikan Baterai Forklift di Charge penuh

Untuk tipe Forklift yang menggunakan tenaga Baterai, Gas, dan Listrik untuk Electric Forklift harus dipastikan di isi atau di Charge penuh sebelum pemakaian.

3

Gambar pemeriksaan Baterai Forklift

 

4.   Pastikan Gauges Forklift berfungsi secara benar

Gauges Forklift yang ada di Panel Instrumen berfungsi untuk memberikan indikasi ketika ada beberapa bagian yang rusak atau tidak berfungsi. Oleh karena itu, harus dipastikan Instrumen ini berfungsi dengan baik agar kerusakan pada bagian lain dapat diketahui secara baik dan benar.

 

5.   Pastikan Ban Forklift dalam keadaan baik

Ban Forklift merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja sebuah Forklift, harus dipastikan tekanan udara yang ada pada Ban Forklift harus seimbang. selain agar beban yang dibawa dalam keadaan stabil, hal ini agar Power yang dikeluarkan oleh Forklift tersebut menjadi stabil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *